Senin, 23 November 2020

Review Diskursus (Bioterorisme)

Share it Please

 

Review Diskursus

Selasa, 13 Oktober 2020

BIOTERORISME

 

Pengertian Bioterorisme

Bioterorisme adalah pelepasan mikroorganisme atau agen secara sengaja untuk mematikan tanamana. Dalam definisi karantina. Secara tidak sengaja masih bisa dikatakan sebagai bioterorisme. Yang di maksud karantina pertanian adalah instansi dalam bidang pertanian yang digunakan untuk screening tanaman dengan melihat apakah tanaman mempunyai penyakit atau tidak. Bioterorisme dapat dicegah dengan introduksi yaitu pengendalian predator dan konservasi atau pengendalian hayati. Metode yang dapat digunakan yaitu augmentasi atau melepas secara massal pengendalian hayati. Bioterorisme dikhususkan dalam tanaman dan pangan serta politik ekonomi. Sedangkan Senjata biologis digunakan dalam bentuk peperangan.

 

Sejarah Senjata Biologis

Secara history, dapat dilihat dengan adanya flu burung yang di pakai dalam peperangan. Senjata ini telah dipakai di India tepatnya di kota Kapa dengan mencelupkan senjata ke dalam kotoran untuk melumpuhkan lawan. Di Afrika dilakukan dengan melumpuhkan pertanian sehingga banyak yang mati kelaparan. Selain itu, kemunculan firus ebola dan virus fes juga menjadi tanda adanya bioterorisme dalam sejarah. Mekanisme lain, yang dilakukan pada para tentara saat peperangan salah satunya dengan membuang mayat manusia ke sungai dimana  sungai ini merupakan sumber mata air yang digunakan oleh tentara napoleon sehingga saat dikonsumsi dapat melemahkan imun hingga mematikan.

     Pada tahun 1972 ada retivikasi bahwa negara tidak boleh menggunakan bioterorisme, namun sekarang masih dilanggar dimana peperangan dilakukan dengan mematikan pangan suatu negara. Termasuk Indonesia karena merupakan negara berkembang dan memiliki plasma nutfah yang berjumlah banyak, dimana saat diserang akan mengalami gagal panen dan kelangkaan pangan sehingga Indonesia mengimpor pangan dan mengalami krisis. Contoh di Dieng yang di serang oleh virus antraks. Adapun bentuk penanggulannya seperti yang telah di sampaikan sebelumnya yaitu akan dilakukan di screening pada beberapa tempat.

 

Adanya Teori Konspirasi dan Teori Kesehatan

Berdasarkan teori konspirasi dilihat dari pergolakan China dan Amerika. Dimana sebagai contoh hadirnya covid yang di lemparkan ke China yg dianggap untuk mematikan ekonominya. Adapun teori kesehatan ini dilihat dari konsumtif manusia dimana kebiasaan manusia mengonsumsi kelelawar yang memiliki banyak virus, dimana virus ini mudah menyebar dalam sel tubuh manusia.

 

Macam-Macam Bioterorisme

Bioterorisme dibagi 3 tipe yaitu:

1.                  Tipe A dengan ciri ciri bsa menjadi ancamaan dan mematikan banyak manusia seperti HIV.

2.                  Tipe B dapat mematikan,sedang dan epidemi.

3.                  Tipe C ditandai dengan banyaknya epidemi yaitu penyebaran dimana menginfeksi ke manusia dan sedikit mematikan.

Secara medis covid ini tidak mematikan tetapi ketika manusia mengalami riwayat penyakit dapat menyebabkan manusia tersebut meninggal. Hal ini dikareakan ketika RNA manusia sama dengan RNA dari apa yang dibawa virus akan mengakibatkan penjangkitan penyakit dari virus tersebut karena adanya proses adaptasi antar RNA.

Ketika virus menjangkit tanaman maka harus d matikan satu hamparan dan ketika sampai ke pada tanah maka harus di diamkan 40 tahun dalam artian tidak dapat ditanami pangan. Negara melakukan senjata biologis karena biayanya murah dibandingkan ketika menggunakan alat yang harus menggunakan biaya yang cukup banyak. Selain itu, virus juga dapat ditemukan pada tanaman pasca panen yang diimpor dari negara luar.

1 komentar: