Senin, 23 November 2020

Kelas Logika Pertemuan V (Lima Universal)

Share it Please

Kelas logika BPT 2020/2021

Senin, 05 November 2020

 

PERTEMUAN V

LIMA UNIVERSAL

Pembagian Universal menjadi lima bagian bertujuan untuk mengidentifikasi sesuatu. Pembagian pertama dalam bahasan Lima Universal adalah pembagian pahaman universal menjadi dua bagian, yaitu Universal Zat dan Universal Sifat.

1.    Universal Zat (Kulli zati, Universal Essential)

       Adalah “pahaman universal yang menjadi asas essensi (hakekat) suatu ekstensi (individu)” atau “pahaman universal yang masuk dalam essensi suatu ekstensi (individu”. Maksud dari definisi ini adalah suatu pahaman universal yang kalau tidak dibubarkan dalam essensi (hakekat) suatu individu, maka individu tersebut tidak bisa menjadi wujud. Misalnya benda, binatang, dan rasional terhadap Ahmad sebagai individu (ekstensi) dari manusia.

 

2.    Universal Sifat (Kulli ‘Aradhi, Universal Accidental)

       Adalah “pahaman universal yang tidak termasuk dalam essensi (hakekat) suatu ekstensi (individu). Maksudnya adalah suatu pahaman yang merupakan kebalikan dari pahaamn zat. Yaitu suatu pahaamn yang ada dan tidaknya, tidak mempengaruhi essensi suatu ekstensi. Artinya, suatu ekstensi tetap wujud sekalipun pahaamn tersebut kita cabut darinya. Misalnya tertawa, berjalan (sebagai sifat bukan kata kerja).

 

Sifat-Sifat Khusus Universal Zat

1.      Universal zat tidak bisa dipisah dari ekstensinya, baik pada wujud-luar atau dalam. Misalnya binatang pada manusia.

2.      Universal zat tidak disebabkan oleh sesuatu, atau – dengan kata lain – tidak bersebab. Misalnya kebinatangan pada manusia.

3.      Universal zat terang ketetapannya atau mudah. Artinya, dalam menetepkan kebinatangan atau kerasionalan pada manusia – misalnya – tidak memerlukan pikiran dan argumen.

4.      Universal zat mendahului essensi dalam wujud dalam.yaitu, binatang dan rasional harus dibayangkan terlebih dahulu sehingga dapat membayangkan manusia.

Pembagian Universal Zat dan Sifat

Pembagian kedua dalam bahasan lima universal adalah pembagian terhadap universal zat dan sifat. Universal Zat dibagi menjadi tiga bentuk pahaman, yaitu Golongan, Jenis, dan Pembeda. Sedang untuk universal sifat dibagi menjadi dua bentuk pahaman, yaitu Sifat Khusus dan Umum.

1.      Universal-Golongan

       Dapat kita definisikan sebagai “suatu pahaman universal tentang hakekat, yang di dalamnya terdapat gabungan, yang jumlahnya (banyaknya) hanya terdapat pada bilangannya saja, dan untuk menjawab apa – dia.”

 

2.      Universal-Jenis

       Dapat kita definisikan sebagai “suatu pahaman universal tentang hakekat, yang di dalamnya terdapat gabungan, yang jumlahnya (banyaknya) terdapat pada essensi dan untuk menjawab pertanyaan apa-dia

 

3.      Universal- Pembeda

       Dapat kita definisikan dengan “suatu pahaman universal tentang bagian pengkhusus suatu essensi yang untuk menjawab pertanyaan, apakah zat pembedanya?”.

 

4.      Universal Sifat Khusus

       Dapat kita definisikan sebagai “pahaman universal yang berupa  (bisa dijadikan) predikat yang khusus bagi dan keluar dari essensi subyeknya” atau “pahaman universal yang berupa (bisa dijadikan) suatu keterangan – yang menerangkan – yang khusus bagi dan keluar dari essensi yang diterangkan”.

 

5.      Universal Sifat Umum

       Dapat didefinisikan sebagai “Suatu pahaman universal yang berupa (bisa dijadikan) predikat yang keluar dari essensi subyek yang mempredikati subyek dan lainnya”.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar